Perjalanan Makassar->Palopo menggunakan Sleeper Bus PO Putra Jaya

Selama ini kerjaan saya hanya berkutat dalam kantor. Namun, kali ini saya disuruh bos dinas ke Sorowako. Asik jalan-jalan lagi :) Setelah diskusi sana sini dengan tim, akhirnya rute yang saya ambil yaitu dari Makassar naik Bus ke Palopo bertemu dengan tim kantor sana. Dari Palopo naik mobil ke Sorowako.

Dinas kali ini agak mendadak. Dapat info kamis siang lalu berburu tiket bus ke Palopo untuk berangkat malam itu juga. Setelah browsing dan rekomendasi dari teman di Palopo, akhirnya saya memilih berangkat menggunakan PO Putra Jaya. Cara pesan tiketnya simpel. Hanya nelpon ke kantor perwakilan di Makassar, pesan kursi/tempat tidur, bayarnya pas datang kesana sebelum berangkat. Beruntungnya, saya kebagian sleeper yang hanya terdapat 4 bilik. Harga tiket untuk sleeper Rp250rb. Harganya sama untuk rute Makassar->Palopo dan sebaliknya. 

sumber :haltebus.com

Bus yang digunakan tipe Scania K410iB yang katanya pakai tripple axel dan saat ini hanya satu-satunya di Indonesia Timur. Dalamnya terdapat deretan kursi penumpang. Nah yang paling belakang inilah terdapat 4 bilik sleeper. Untuk bisa masuk kesana gak sembarangan. Hanya penumpang yang membeli tiket sleeper yang bisa masuk memakai pintu bisa dibuka dengan menginput kode. Kodenya ini nanti diberitahu oleh kondektur.


Kesan pertama melihat sleeper ini mirip dengan tempat tidur Doraemon. Tempat tidurnya bertingkat dua masing-masing dikiri dan kanan yang memakai pintu geser. Untuk naik ke tempat tidur atas memakai tangga kecil yang terpasang persis di depan pintu sleeper bawah. Namun bisa dibuka tutup jadi tidak menghalangi akses penumpang yang tidur di bawah untuk keluar masuh sleepernya.

pintu geser dan tangga

tv android
interior dalam sleeper

Dalamnya sempit, ketika tidur hanya menyisakan sekitar 30 cm di bawah kaki. Namun cukup lah untuk bisa tidur geser kiri kanan dengan nyaman. Di dalam juga terdapat bantal guling, selimut, dan air mineral botol. Untuk kenyamanan dilengkapi dengan 4 buah lubang AC yang bisa buka tutup, jendela kaca untuk bisa melihat pemandangan diluar, TV kecil yang bisa dilipat, dan telepon kabel. Telpon ini saya gak tau gunanya. Mungkin bisa telpon lalu teriak "kiri" ke pak sopir ya untuk berhenti kalau tiba-tiba pengen pup di tengah perjalanan :)

Bus berangkat jam 09:30 malam dari kantor perwakilan PO Putra Jaya di Jalan Veteran Utara Makassar. Nanti akan singgah di terminal Daya dan Roti Maros. Oh iya, sebelum berangkat jangan lupa buang air karena bus tidak dilengkapi toilet.

Setelah buang air di toilet Roti Maros, lalu mantap berangkat. Saya mencoba utak atik TV kecil dalam sleeper. Ternyata pakai sistem android khusus untuk bus. Mirip saat menggunakan aplikasi android di HP. Di bus terdapat tulisan free wifi namun saat saya coba, tv android ini tidak tersambung ke wifi. Beberapa sinyal wifi terdeteksi, mungkin salah satunya harus minta password kali ya, entahlah.

Menurut saya, TV ini tidak terlalu berguna. Ketika saya coba nonton beberapa film, kepala jadi pusing dan mual. Apalagi sleeper ini berada paling belakang yang notabene berada di atas ban. Oleng sana sini. Saya mencoba tidur. Mungkin karena terhipnotis lampu-lampu jalan yang terlihat dari luar jendela, deru mesin yang halus serta dinginnya AC akhirnya saya sukses tidur nyenyak. 

Walaupun bus kadang oleng, karena saat tidur tubuh lurus mengikuti gerakan oleng bus jadi bisa tidur nyenyak sampe iler :) 

Sebelumnya saya sudah pesan ke kondektur untuk diturunkan di SPBU Palopo. Saya masih tertidur sangat teramat nyenyak ketika tiba-tiba pintu digedor oleh kondektur dengan agak kasar "woi turun. Sampaimi". Tidur nyenyak buyar seketika lalu setengah sadar buru-buru packing tas dan pakai sepatu secepat kilat. Lalu ditinggal sendirian di tengah jalan. Kulirik jam masih menunjukkan pukul 05:15 pagi. Sekarang Jumat pagi. Pas sekali untuk berangkat malam karena 7 jam dihabiskan untuk tidur. Beberapa babang gojek menawarkan namun saya tolak. Tak lama kemudian jemputan datang lalu diantar ke rumah salah satu tim Palopo, saya lalu melanjutkan tidur nyenyak yang sempat terpause gegara si kondektur :)





0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author